Begini Tradisi Oki Setiana Dewi Berlebaran

Begini Tradisi Oki Setiana Dewi Berlebaran
Oki Setiana Dewi. Foto: Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai wanita berdarah Jawa, artis peran Oki Setiana Dewi mengaku tak lepas dari tradisi sungkeman saat hari raya Idulfitri.

“Karena ayah saya orang Jawa, jadi kita masih menjalani tradisi sungkeman. Saya pikir emang setiap hari kita harus minta maaf,” tutur Oki Setiana Dewi saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

“Sungkemannya dimulai dengan ibu yang sungkem sama papa. Kemudian anak-anaknya dari yang tertua. Terus diikuti menantu-menantu dan cucu-cucunya,” lanjut Oki.

Tak hanya sungkeman, tradisi makan ketupat bersama keluarga juga dilakukan wanita yang kini kerap berdakwah.

“Di Indonesia banyak sekali tradisinya. Saya termasuk salah satu yang mengikuti tradisi makan ketupat bareng keluarga. Makanannya seperti ketupat, opor, rendang, sambel, hati,” katanya.

Selain itu lanjut Oki, tradisi berbagi angpau pun juga dilakukannya. Dia pun mengaku senang saat bisa berbagi dengan keponakannya.

“Jadi nyiapin banyak-banyak duit karena keponakan yang kecil pada datang. Duitnya dimasukin ke dalam amplop dengan gambar yang lucu-lucu gitu,” tandasnya.(Mg7/JPG)


Sebagai wanita berdarah Jawa, artis peran Oki Setiana Dewi mengaku tak lepas dari tradisi sungkeman saat hari raya Idulfitri.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News