Begitu Sulitkah Menangkap Miryam?

Begitu Sulitkah Menangkap Miryam?
Miryam S Haryani. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kelakuan Miryam S. Haryani yang kabur menghindari pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukan masih ada titik lemah di dalam sistem pengawasan tersangka lembaga antirasuah.

Hal itu berisiko terhadap kelancaran penanganan perkara-perkara korupsi besar, seperti kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang ditangani KPK saat ini.

Peneliti Hukum dan Kebijakan Transparency International Indonesia (TII) Reza Syawawi mengatakan, pengawasan terhadap tersangka mestinya menjadi perhatian serius KPK.

Apalagi, bila posisi tersangka itu merupakan salah satu saksi kunci korupsi seperti Miryam. ”Agar kejadian serupa tidak lagi terjadi di kemudian hari,” ujarnya kepada Jawa Pos, kemarin (30/4).

Reza menyebutkan, dugaan hilangnya mantan anggota Komisi II yang kini duduk di Komisi V DPR itu memang erat kaitannya dengan strategi “melindungi” para politisi Senayan yang diduga terlibat dalam kasus berjamaah e-KTP senilai Rp 2,3 triliun tersebut.

”Ini dugaan saja, apalagi posisi Miryam sebagai anggota DPR yang tentu paling mengetahui proses penganggaran e-KTP,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya mendesak pihak terkait, khususnya Polri, segera mencari Miryam dan menyerahkannya ke KPK.

Apalagi, dengan kekuatan jajaran kepolisian, mulai tingkat polsek hingga polda, sejatinya bukan hal sulit mendeteksi keberadaan politikus Partai Hanura tersebut.

Kelakuan Miryam S. Haryani yang kabur menghindari pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukan masih ada titik lemah di dalam sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News