Bekraf Datang, Bupati Anas Yakin Pelaku Ekonomi Kreatif Banyuwangi Kian Kompetitif

Bekraf Datang, Bupati Anas Yakin Pelaku Ekonomi Kreatif Banyuwangi Kian Kompetitif
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Kepala Bekraf Triawan Munaf saat melihat kerajina tangan Banyuwangi beberapa waktu lalu. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas optimistis pelaku ekonomi kreatif di daerahnya makin punya daya saing. Hal ini menyusul mulai turunnya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendampingi para pelaku ekonomi kreatif Banyuwangi, per Juli 2017 hingga lima bulan ke depan.

”Masyarakat Banyuwangi berterima kasih ke pemerintah pusat, dalam hal ini Bekraf dan tentu saja sosok kepalanya, Pak Triawan Munaf, yang punya concern luar biasa untuk mendorong ekonomi kreatif daerah,” ujar Anas.

Bupati asli Banyuwangi yang lahir 43 tahun lalu itu menambahkan, kehadiran Bekraf akan membuat pelaku ekonomi kreatif di daerahnya kompetitif dengan produk yang telah mapan secara SDM dan infrastruktur.

Program Bekraf ini dinamai Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (Ikkon). Bekraf memberangkatkan tim yang tinggal di Banyuwangi selama lima bulan. Mereka berlatar belakang keilmuan beragam, mulai desainer fesyen, desainer produk, antropolog, desainer tekstil, desainer grafis, arsitek, desainer interior, manajemen bisnis, hingga video maker.

Anas mengatakan, dengan berbagai disiplin ilmu tersebut, langkah pendampingan bisa komprehensif, dari sisi produksi, manajemen, pemasaran, bahkan hingga pendekatan antropologisnya. Pendampingan dibikin fokus ke beberapa sentra UMKM berbasis desa, sehingga hasilnya bisa lebih terukur.

”Desainer produk Bekraf mendampingi penentuan bentuk produk perajin kami, seperti produk bambu, furniture, atau suvenir. Lalu manajemennya disentuh, sehingga UMKM lebih profesional. Dibuatkan pula kemasan dan model promosinya. Demikian pula UMKM batik dan makanan Banyuwangi, didampingi desainnya sampai promosinya,” kata dia.

Anas yakin pendampingan ini semakin menggeliatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). ”Pengembangan ekonomi kreatif berbasis pariwisata yang kami lakukan selama ini berjalan cukup baik. Perajin tumbuh. Tapi tentu masih banyak kekurangan. Kami berharap itu bisa dibenahi bersama, dan kami bisa mendapat banyak masukan dari Bekraf,” ujarnya.

Berdasarkan data BPS, ekonomi kreatif di Banyuwangi menyumbang 5,15 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Anas optimistis, sinergi Bekraf bakal mengerek kinerja ekonomi kreatif, setidaknya berkontribusi 10 persen terhadap PDRB pada 2021.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas optimistis pelaku ekonomi kreatif di daerahnya makin punya daya saing. Hal ini menyusul mulai turunnya Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News