Belajar Langsung dari Seniman Australia

Belajar Langsung dari Seniman Australia
Dave dan Kelly bersama siswa Sekolah Ciputra. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Siswa kelas IV Sekolah Ciputra Surabaya kemarin mendapat kesempatan mengenal elemen seni pertunjukan secara langsung dari dua seniman Australia David Kelly dan David Joseph

Joseph yang pernah mendapat award Philip Parsons Prize 2017 itu mengatakan, ada empat elemen penting dalam seni pertunjukan. "Yaitu, pemain, setting panggung, musik, dan cerita,'' ujarnya. 

Namun, lelaki yang akrab dipanggil Dave tersebut tidak berhenti pada empat elemen tersebut. ''Saya harus eksplorasi lagi agar pertunjukan bisa menarik,'' katanya. Salah satu kiatnya, menambahkan akrobatik dalam seni pertunjukan. 

Sementara itu, bagi Kelly yang memiliki concern di bidang terapi musik, seni pertunjukan harus memiliki kualitas pemain yang mumpuni. ''Panggung bisa menjadi tempat yang paling mengerikan. Namun, jangan membenci panggung,'' ucapnya. 

Selain itu, pemain panggung tidak boleh malu karena ditonton banyak orang. ''Berpikirlah bahwa seni pertunjukan berarti memberi hadiah pada seseorang,'' jelasnya. Itu adalah saran Kelly agar para pemain mampu mengatasi demam panggung. 

Dave dan Kelly percaya setiap orang mampu menjadi aktor dan artis panggung. ''Jika kalian tahu atmosfer dari panggung, kalian akan mencintainya,'' ungkap Dave di sela acara yang berlangsung pada Selasa (18/12) itu. Bagi dia, atmosfer saat di panggung mampu meningkatkan energi positif untuk diri.

Mereka yang merupakan seniman independen tersebut melihat setiap daerah memiliki karakter elemen yang berbeda. ''Di Indonesia, saya melihat karakter cerita daerahnya sangat kuat," tutur Dave. Dia pun berharap seni pertunjukan di Indonesia mampu menonjolkan karakter itu. ''Jangan terlalu terbawa arus tren drama. Perkuat karakter ceritanya,'' jelasnya. (ras/c20/tia) 

Mereka yang merupakan seniman independen tersebut melihat setiap daerah memiliki karakter elemen yang berbeda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News