Belanda Sediakan 250 Beasiswa Master

Belanda Sediakan 250 Beasiswa Master
Belanda Sediakan 250 Beasiswa Master
JAKARTA - Pemerintah Kerajaan Belanda setiap tahun menyediakan sedikitnya 250 beasiswa bagi masyarakat umum dan pegawai negeri sipil untuk meraih gelar master di negeri tulip itu. Alokasi beasiswa itu belum termasuk kerja sama pendidikan antara universitas-universitas di Belanda dengan kementerian teknis.

"Bila ditambah kerja sama bilateral dan nonbeasiswa, rata-rata 500 orang yang berangkat menempuh studi di Belanda setiap tahun. Tak heran kalau jumlah alumni Belanda saat ini sudah lebih dari 21 ribu orang," tutur Duta Besar Belanda Nikolaos van Dam di Jakarta kemarin (9/7).

Sejumlah tokoh nasional yang merupakan alumni Belanda antara lain praktisi hukum Adnan Buyung Nasution, Ir Sutami, hingga Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Nikolaos mengatakan, kedekatan sistem hukum Indonesia dan Belanda membuat bidang hukum masih menjadi tujuan utama mahasiswa Indonesia. "Tidak saja mahasiswa, bahkan Mahkamah Agung Indonesia hingga kini juga belajar reformasi sistem hukum di Belanda," terang pria yang fasih berbahasa Indonesia ini.

JAKARTA - Pemerintah Kerajaan Belanda setiap tahun menyediakan sedikitnya 250 beasiswa bagi masyarakat umum dan pegawai negeri sipil untuk meraih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News