Belanda Tahu Indonesia Luar-Dalam

Belanda Tahu Indonesia Luar-Dalam
Belanda Tahu Indonesia Luar-Dalam
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI-P, Sidarto Danusubroto menilai hubungan bilateral Indonesia-Belanda harus tetap berjalan baik. Alasannya, Belanda adalah satu-satunya negara di Eropa yang tahu betul 'jeroan' negara bekas jajahannya ini.

"Belanda tahu betul 'jeroan' Indonesia. Karena itu Indonesia harus berhubungan baik dengannya," kata Sidharto Danusubroto, di DPR, Senayan Jakarta, Jumat (8/10).

Salah satu bukti bahwa Belanda itu tahu betul 'jeroan' Indonesia, kata Sidarto, bisa dilihat dari sikap Belanda yang hingga kini tidak mengakui bergabungnya Papua ke NKRI. "Alasan riil Belanda itu hanya satu, karena dia tahu bahwa Papua itu kaya akan sumberdaya alam dan tambang," ulasnya.

Karenanya Sidharto menilai berbagai aksi yang dilakukan oleh anggota Republik Maluku Selatan (RMS) di negara pengasingan, Belanda, lanjutnya, terlalu kecil dan sepele untuk dijadikan argumentasi merenggangkan hubungan kedua negara ini. "Kegoncangan bangsa dan negara ini terjadi justru karena respon Presiden SBY yang sangat berlebihan dalam menyikapi aksi RMS dengan keputusan membatalkan kunjungan kenegaraannya secara mendadak," ujar Sidarto Danusubroto.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI-P, Sidarto Danusubroto menilai hubungan bilateral Indonesia-Belanda harus tetap berjalan baik. Alasannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News