Belum Kelar, Tol Batang-Semarang Difungsikan H-10 Lebaran

Belum Kelar, Tol Batang-Semarang Difungsikan H-10 Lebaran
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa dan jajaran Jasa Marga memantau pembangunan tol di Semarang. Foto: Humas Polri

jpnn.com, SEMARANG - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa memastikan jalan tol ruas Batang-Semarang bakal bisa dilintasi para pemudik pada musim mudik Lebaran 2018. Menurut dia, progres pembangunan tol sepanjang 75 kilometer itu sudah 75 persen dan akan difungsikan pada H-10 Lebarang 2018.

Sejauh ini pembebasan lahan untuk tol bagian dari Tol Trans Jawa itu sudah mencapai 98 persen. Royke mengaku optimistis pembangunan ruas tol Batang-Semarang bisa selesai sesuai target.

"Pembangunannya cukup lancar. Ini saya cek langsung tol di Semarang, melihat Krapyak, Pantura hingga Jakarta," kata Royke, Kamis (5/4).

Dia menambahkan, belum optimalnya pembangunan itu dikarenakan di beberapa lokasi masih terkendala tanah wakaf, rumah penduduk dan bangunan masjid. Namun, untuk pelepasan lahan tersebut sudah hampir semua selesai.

"Itu sudah selesai tinggal eksekusi saja, walau minus beberapa," katanya.

Sementara Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Arie Irianto mengatakan, ada beberapa lahan yang masih dalam tahap pelepasan. Arie pun mengharapkan pada pertengahan April ini seluruh proses pembebasan lahan sudah selesai sehingga pembangunan konstruksinya bisa langsung dimulai.

Menurut Arie, pembangunan tol Batang-Semarang dijadwalkan selesai 25 September 2018. Namun, pada musim mudik Lebaran mendatang sudah bisa difungsikan.

"Lebaran nanti rencana bisa kami fungsionalkan satu jalur, yakni jalur A dua lajur," jelasnya.(mg1/jpnn)

Proses pembebasan lahan untuk ruas tol Batang-Semarang belum sepenuhnya tuntas. Namun, tol itu ditargetkan bisa difungsikan untuk musim mudik mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News