Bendera Merah Putih Ditulisi, Polisi Ikut Pendapat Ahli

Bendera Merah Putih Ditulisi, Polisi Ikut Pendapat Ahli
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Juwono. Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com - jpnn.com - Masalah bendera merah putih yang ditulisi dan digambari tengah jadi polemik. Persoalan itu mencuat pasca-munculnya Sang Dwiwarna bertuliskan kaligrafi Arab dan digambari pedang saat Front Pembela Islam (FPI) berdemo di Mabes Polri, ‎Senin (16/1) lalu.

Polri pun mengusut kasus itu. Namun, kini ternyata banyak foto-foto tentang merah putih dengan tulisan atau gambar, temasuk saat Metallica konser di Jakarta pada 25 Agustus 2013.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya mengusut sebuah kasus tentang penghinaan terhadap lambang negara berdasarkan laporan. Nantinya, polisi akan melibatkan ahli untuk meneliti laporan itu.

“Kan kami lihat dulu benderanya seperti apa. Kemudian perlu pemeriksaan saksi ahli. Kalau itu misalnya cuma kain merah putih apakah itu disebut juga bendera, biar saksi ahli yang menyatakannya," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu (21/1).

Soal adanya foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan ikat kepala merah putih yang ada tulisannya, Argo lagi-lagi menyerahkan hal itu ke pendapat ahli. "Kan ada aturannya bendera itu seperti apa, tentunya saksi ahli nanti yang menyatakannya," kata Argo.(mg4/jpnn)


Masalah bendera merah putih yang ditulisi dan digambari tengah jadi polemik. Persoalan itu mencuat pasca-munculnya Sang Dwiwarna bertuliskan kaligrafi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News