Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Tidur?

Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Tidur?
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Saat Anda memikirkan cara membakar kalori, tidur tidak sering muncul dalam pikiran.

Padahal, tubuh Anda masih terbakar, bahkan ketika sedang tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak Anda menggunakan 20 persen dari asupan kalori per hari dan terus melakukannya ketika Anda sedang tidur.

"Membakar kalori diperlukan, karena tidur bukanlah aktivitas pasif," kata Mary Ellen Wells, Ph.D., direktur Neurodiagnostics dan Sleep Science di UNC School of Medicine, seperti dilansir laman MSN, Minggu (9/12).

Namun, berapa banyak kalori yang Anda bakar, sulit untuk dilacak.

"Ada banyak kalori yang dibakar selama tidur," tambah Dr. Wells. 

"Ini sangat bervariasi di seluruh tahap tidur dan sangat bervariasi pada aktivitas siang hari seseorang dan tentu saja genetika," jelas Dr. Wells. 

Konon, ada banyak kalori yang sudah Anda bakar. Pada dasarnya, ini adalah rumus sederhana.

-Anda mulai dengan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat (disebut tingkat metabolisme basal/ basal metabolic rate). BMR bervariasi tergantung pada berat badan, tinggi badan dan usia Anda, tetapi bisa dihitung dengan kalkulator, tetapi sekitar 45 kalori per jam.

Semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan, maka akan semakin lambat tubuh Anda membakar kalori untuk mempertahankan energi yang bisa menyebabkan metabolisme Anda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News