Berat Badan ingin Cepat Turun? Coba Minum Campuran Kayu Manis dan Madu

Berat Badan ingin Cepat Turun? Coba Minum Campuran Kayu Manis dan Madu
Teh madu dan kayu manis. Foto: VerMints

jpnn.com - Kayu manis dan madu sudah diakui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain mengatasi batuk dan flu, perpaduan kayu manis dan madu juga bisa menurunkan berat badan.

Seperti dilansir laman First for Women, Senin (25/2). Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang memicu thermogenesis. Sehingga membuat tubuh membakar kalori. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa kayu manis dapat menurunkan berat badan karena berkaitan dengan sensitivitas insulin.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Science and Technology mencatat bahwa kayu manis tidak hanya dapat meningkatkan sensitivitas insulin tetapi juga menurunkan kadar gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 lebih mudah untuk mengontrol kondisi mereka dalam menangkal kenaikan berat badan.

Baca juga: Hilangkan Lemak Perut dengan Teh Madu dan Kayu Manis, Catat Resepnya

Sedangkan madu merupakan pemanis alternatif yang luar biasa sebagai pengganti gula. Madu berguna untuk meningkatkan metabolisme menurut tinjauan pada Agustus 2018 di jurnal Nutrients. Makalah ini mencatat bahwa madu dapat meningkatkan metabolisme dengan menurunkan kadar kolesterol. 

Lalu, bagaimana membuat ramuan kayu manis dan madu?

Baca juga: Cegah Penyakit Berbahaya dengan Rutin Minum Ramuan Rempah Ini

Langkahnya cukup sederhana. Pertama masukkan kayu manis batangan atau bubuk ke dalam air panas selama setengah jam. Pastikan air telah mendingin sebelum menambahkan madu. Sebab suhu tinggi dapat menonaktifkan enzim nutrisi madu. Disarankan rasio kayu manis dengan madu adalah dua banding satu. Untuk meminumnya, sebaiknya diminum saat perut kosong sebelum sarapan. (jpc/jpnn)


Selain mengatasi batuk dan flu, perpaduan kayu manis dan madu juga bisa menurunkan berat badan.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News