Berikut 10 Faktor Utama Pemicu Kemacetan di Jalan

Berikut 10 Faktor Utama Pemicu Kemacetan di Jalan
Pengendara berhenti menunggu lampu hijau di persimpangan yang sudah terpasang CCTV e-Tilang di Jalan Raya Darmo, Rabu (3/1). Salah satu CCTV yang terpasang di persimpangan tersebut (insert). Ilustrasi : Suryanto/Radar Surabaya

jpnn.com, JAKARTA - Kemacetan di jalan selalu menjadi momok bagi para pengendara. Terlebih pengguna jalan yang ada di kota-kota besar.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen. Pol. Chryshnanda Dwilaksana mengatakan, dari hasil pantauan mereka setidaknya ada sepuluh faktor utama pemicu kemacetan.

Pertama, karena kapasitas jalan yang tidak memadai. Anggota di lapangan menurutnya tak bisa menganalisa dengan benar apakah jumlah kendaraan setara dengan jalan.

Kedua, jalan yang tak selalu mulus dan stabil. “Seperti kondisi jalan yang terjadi penyempitan ini perlu dilakukan upaya rekayasa untuk mengatasinya atau setidaknya ada tindakan pengaturan,” katanya di Jakarta, Kamis (8/3).

Ketiga adalah kendaraan. Di mana pengemudi sering mengabaikan standar operasional kendaraan. “Ketika digunakan mengalami kendala, ban pecah, mesin panas dan mogok. Ini harusnya lebih diperhatikan,” imbaunya.

Lalu keempat, adalah pengemudi yang karena kelelahan, kurang konsentrasi dan kurang handal dalam mengendarai kendaraannya. Hal ini juga akan berdampak pada kemacetan.

Kelima, adanya pembangunan jalan yang akan sangat berpengaruh hingga terjadi perlambatan.

Faktor keenam kata jenderal bintang satu itu, karena banyaknya kendaraan parkir sembarangan. “Ini sistemnya masih manual konvensional bahkan menjadi ajang perebutan sumber dana,” keluhnya.

Kemacetan di jalan selalu menjadi momok bagi para pengendara, terlebih pengguna jalan. Berikut 10 faktor pemicunya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News