Berita Terbaru soal THR PNS, Begini Penjelasan Pak Asman

Berita Terbaru soal THR PNS, Begini Penjelasan Pak Asman
Menpan RB Asman Abnur. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MenPAN-RB Asman Abnur menepis tudingan sejumlah pihak yang menyebut keputusan Presiden Joko Widodo menaikkan THR PNS, TNI/Polri, dan Pensiunan dan pemberian gaji ke-13 berbau politis jelang Pilpres 2019.

Tudingan tersebut salah satunya disampaikan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Nah, Asman menjelaskan bahwa alasan pemerintah menaikkan THR lebih karena penghargaan atas meningkatnya kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kemarin saya sudah menyampaikan bahwa saya melihat dua tiga tahun belakangan ini, kinerja ASN itu luar biasa, peningkatan akuntabilitas dipersentasikan dalam nilai LAKIP, hasil evaluasinya meningkat. Jadi wajar kalau kita beri apresiasi," ucap Asman, di Kantor KSP, Jakarta, Jumat (25/5).

Sedangkan bagi pensiunan yang juga kecipratan THR, Asman mengaku lebih tergelitik karena membayangkan pendapatan ASN setelah pensiun langsung turun drastis.

"Nah untuk pensiunan, saya tergelitik kenapa? Bayangkan eselon satu itu, begitu dia pensiun, dulu dia kayak Pak Moeldoko ini beliau kan jenderal, begitu pensiun langsung drastis pendapatannya turun," jelas menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

BACA JUGA: Baca Nih, Info Terbaru soal Pencairan THR PNS

Dia berpandangan, wajar bila pemerintah memberikan apresiasi bagi pensiunan sebagai anak bangsa. Sebab, mereka sudah banyak berjasa bagi Republik ini, sehingga mendapat THR setahun sekali dari pemerintah.

"Jadi dari sisi itu saja dilihat," pungkas Asman yang juga mengaku tidak berani mengusulkan THR bagi honorer karena tidak diatur di dalam undang-undang.

MenPAN-RB Asman Abnur menepis tudingan sejumlah kalangan yang menyebut kenaikan THR PNS berbau politis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News