Berusia 202 Tahun, Kebun Raya Bogor Masuk Daftar Warisan Dunia

Berusia 202 Tahun, Kebun Raya Bogor Masuk Daftar Warisan Dunia
Kebun Raya Bogor masuk dalam Daftar Sementara Warisan Dunia. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Kebun Raya Bogor masuk dalam Daftar Sementara Warisan Dunia atau Tentative List Unesco World Heritage Site.

Saat ini sejumlah persiapan sedang dilakukan. Salah satunya menyiapkan draft Nomination Dossier Kebun Raya Bogor menjadi World Heritage Site yang sedang disusun oleh tim dari Kebun Raya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Bogor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) R Hendrian mengatakan, menginjak usia 202 tahun Kebun Raya Bogor (KRB) masih menyimpan berbagai informasi yang belum terungkap.

Salah satunya dugaan keberadaan Hutan Samiddha sebagai bentuk konservasi tumbuhan di masa lampau sejak tahun 1.500-an.

Namun, untuk menyatakan hutan itu ada, maka diperlukan dialog dan kajian akademis sehingga klaim tersebut tak hanya berdasarkan pada mitologi.

BACA JUGA: Yuk, Ke Museum Pertanian di Bogor

Jika itu bisa dibuktikan, maka Kebun Raya Bogor bisa menjadi Kebun Raya tertua di dunia dibandingkan dengan Kebun Raya Padova di Italia.

“Selama ini sejarah mencatat yang tertua itu adalah Kebun Raya Padova Italia, tapi kalau Hutan Samiddha bisa dibuktikan, maka bisa menjadi yang tertua dan informasi tersebut akan memperkuat posisi kebun raya Bogor dalam upaya menjadi World Heritage Site,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bogor, kemarin (23/5).

Menginjak usia 202 tahun Kebun Raya Bogor masih menyimpan berbagai informasi yang belum terungkap. Salah satunya dugaan keberadaan Hutan Samiddha sebagai bentuk konservasi tumbuhan di masa lampau sejak tahun 1.500-an.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News