Biaya Kuliah Jalur Mandiri Wajib Diturunkan

123.225 Peserta SNM PTN Jalur Ujian Tulis Dinyatakan Lolos

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Wajib Diturunkan
Biaya Kuliah Jalur Mandiri Wajib Diturunkan
JAKARTA - Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis tuntas kemarin (6/7). Dari 600 ribuan peserta ujian, yang ditetapkan lulus hanya 123.225 orang saja. Jika masih ingin kuliah di PTN, peserta yang gugur bisa mengikuti seleksi jalur mandiri yang dijalankan masing-masing kampus.

Kendala selama ini adalah, biaya kuliah untuk jalur mandiri cukup mahal jika dibandingkan dengan biaya kuliah dari seleksi SNM PTN. Rata-rata perbedaan biaya kuliahnya bisa mencapai tiga hingga empat kali lipat bahkan lebih. Perbedaan biaya ini meliputi biaya masuk, hingga biaya SPP yang dibayar mahasiswa per semester.

Sekretaris Jenderal Panitia Pusat SNM PTN Rochmat Wahab menuturkan sejarah kenapa biaya kuliah di jalur mandiri lebih mahal dibandingkan dengan jalur SNM PTN. Walaupun keduanya dijalankan oleh kampus negeri yang sama.

Rektor UNY itu menuturkan jika biaya operasional pendidikan untuk mahasiswa yang lulus seleksi SNM PTN sudah diberi subsidi dari pemerintah pusat. "Sehingga jatuhnya lebih murah," katanya. Sebaliknya kelas untuk jalur mandiri ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sehingga biaya kuliahnya lebih  mahal ketimbang mahasiswa jalur SNM PTN. Pendirian jalur mandiri ini untuk menampung minat kuliah yang sangat tinggi di masyarakat.

JAKARTA - Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis tuntas kemarin (6/7). Dari 600 ribuan peserta ujian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News