Bikin Puzzle Ikan Untuk Mencari Perhatian

Bikin Puzzle Ikan Untuk Mencari Perhatian
Bikin Puzzle Ikan Untuk Mencari Perhatian
MENUMBUHKAN semangat anak didik di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) memang tidak mudah. Selain butuh ketekunan dan kesabaran, pengajar dituntut selalu kreatif dan inovatif agar anak didiknya merasa nyaman dalam belajar. Tuntutan itu ternyata tidak menyurutkan guru TK Pertiwi 01 Anis Kisworo. Bahkan dia mampu berpretasi di tingkat Jawa Tengah. Apa yang dilakukannya?

Tampil sederhana sudah menjadi ciri khas bagi Anis Kisworo, 39, guru TK Pertiwi 01 Pati. Hampir setiap hari waktunya dihabiskan untuk memikirkan anak didiknya. Agar anak didiknya ini tidak merasa bosan dan bersemangat belajar.Agar tidak terkesan monoton, ibu dari Melia Sari dan Fajar Bandoro melakukan inovasi pembelajaran. Langkah yang dilakukan membuat mainan yang mengandung edukatif dan tidak mahal biayanya.

Untuk menyiasati itu, dia memanfaatkan sisa kayu bahan bangunan pembanguan sekolahan. Dia mencoba mendesain menjadi puzzle ikan. Ukuran puzzle dengan panjang 75 cm dan lebar 50 cm menjadi menarik setelah sirip sebelah kanan ditempeli huruf A sampai Z dan sirip sebelah kiri ditempeli angka 1 sampai 20 dengan warna kuning.

Warna dan bentuk itu ternyata menjadi kesukaan anak-anak didiknya. Susunan secara berurutan sesuai dengan tempatnya membuat anak-anak lebih mudah dalam menghafalkan huruf dan angka.

MENUMBUHKAN semangat anak didik di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) memang tidak mudah. Selain butuh ketekunan dan kesabaran, pengajar dituntut selalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News