Bisa Bersuara Mirip Bung Karno? Silakan Ikut Lomba Baca Teks Proklamasi Ala PKS

Bisa Bersuara Mirip Bung Karno? Silakan Ikut Lomba Baca Teks Proklamasi Ala PKS
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini (berpeci) bersama Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR menggelar lomba membaca teks proklamasi kemerdekaan. Namun, ada hal khusus yang dilombakan. Yakni mencari suara yang mirip dengan Bung Karno.

Rencananya, lomba itu akan digelar untuk menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. “Bisa dibilang ide PKS kali ini unik dan mungkin belum pernah diadakan oleh siapa pun," kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini saat memberikan sambutan launching lomba di ruang Fraksi PKS di DPR, Senayan, Selasa (11/7).

Menurut Jazuli,  lomba ini juga untuk mengajak seluruh rakyat Indonesia menyelami kembali makna proklamasi. "Sekaligus mengenang Sang Proklamator Soekarno-Hatta,” katanya.

Anggota Komisi I DPR itu menambahkan, Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan momen besar. Bukan saja bagi bangsa dan negara Indonesia, tetapi juga bagi bangsa-bangsa lainnya khusunya di Asia dan Afrika.

Jazuli menegaskan, proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi momen pembebasan dari kolonialisasi sekaligus penegasan atas identitas nasional bangsa yang merdeka. Selain itu, proklamasi juga merupakan seruan atas gerakan nasionalisme dan kemandiran bagi seluruh bangsa-bangsa yang terjajah.

Karenanya Jazuli mengakui besarnya peran Soekarno dalam proklamasi. "Padanya terhimpun jejak panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia, bagian dari founding fatthers nasional yang menjadi tokoh bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, upaya Fraksi PKS menggelar lomba itu juga merupakan bagian dari visi perjuangan untuk mengukuhkan nasionalisme Indonesia. Dengan lomba itu pula Fraksi PKS ingin memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif bagi penguatan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jazuli juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengimplementasikan makna proklamasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Serta  mengajak seluruh rakyat untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dalam rangka mewujudkan kemajuan bangsa, keadilan dan kesejahtraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” papar Jazuli.(boy/jpnn)


Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR menggelar lomba membaca teks proklamasi kemerdekaan. Namun, ada hal khusus yang dilombakan. Yakni mencari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News