BMKG Sebut Siulak Daerah Paling Rawan Gempa di Kerinci

BMKG Sebut Siulak Daerah Paling Rawan Gempa di Kerinci
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Foto: situs BMKG

jpnn.com, KERINCI - Wilayah Kabupaten Kerinci, termasuk salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang rawan gempa. Pasalnya, di Kabupaten Kerinci terdapat patahan kerak bumi (sesar) jalur sesar Sumatera.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kerinci, Jon Haides. Menurutnya, salah satu titik yakni di wilayah Siulak merupakan jalur sesar patahan Gempa Sumatera.

"Ya, Siulak termasuk jalur patahan Sumatera dan semuanya aktif," ujar Jon Haides.

Makanya, dijelaskan Jon Haides, bahwa setiap pusat gempa terjadi diwilayah Bengkulu dan Padang, Sumatra Barat, tentu getarannya akan terasa di beberapa desa di Kabupaten Kerinci.

"Kalau Gempa di Bengkulu dan Padang, pasti akan terasa sampai ke Kerinci, karena itu merupakan jalur sesar patahan Gempa Sumatera," ungkap Jon Haides.

Sesar atau patahan merupakan hasil aksi gaya lempeng tektonik, yang membentuk batas-batas antara lempeng, seperti zona subduksi atau sesar transform. Tentunya dengan wilayah Siulak termasuk jalur patahan, maka Kabupaten Kerinci harus waspada akan dampaknya.

Hanya saja Jon Haides tidak mengetahui daerah mana saja di Kabupaten Kerinci yang rawan gempa, dan seberapa besar, panjang, jalur sesar patahan Gempa Sumatra yang ada di Siulak.

"Kalau itu kita tahu, namun yang jelas Siulak masuk dalam jalur patahan, berarti Kerinci harus waspada akan dampaknya. Saya kira, Pemda Kerinci mengetahui hal tersebut," bebernya.

Wilayah Kabupaten Kerinci, termasuk salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang rawan gempa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News