BNI Sukses Salurkan KUR Sebesar Rp 184,8 Miliar

BNI Sukses Salurkan KUR Sebesar Rp 184,8 Miliar
BNI. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk merilis telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian khusus komoditas tebu mencapai Rp 184,8 miliar hingga Oktober 2016.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan, penyaluran tersebut telah mencakup sekitar 688 debitur petani tebu di 43 pabrik gula (PG) di Jawa Timur.

Adapun untuk portofolio kredit pertanian dan perkebunan secara nasional mencapai Rp 1,6 triliun, yang terdiri dari Rp 1,4 triliun untuk perkebunan dan Rp 196 miliar untuk pertanian.

”Untuk portofolio per komoditas secara nasional sampai dengan Oktober ini pembiayaan tertinggi terdapat pada pembiayaan sawit dan tebu,” katanya dalam keterangan tertulis, kemarin (17/11).

Guna meningkatkan kinerja kredit usaha di sektor pertanian, BNI memberi dukungan kepada petani tebu dan sektor industri gula atau PG berupa Kartu Tani dan aplikasi android Mitra Tani dan mesin i-Kios di PG Assembagoes milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI di Situbondo.

Dukungan KUR melalui Kartu Tani tersebut juga diberikan oleh bank pemerintah lain seperti Bank Mandiri dan BRI dibawah naungan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Fungsi utama dari aplikasi tersebut adalah sebagai alat memonitoring aktivitas dan produktivitas kebun tebu yang nantinya dapat memudahkan para petani tebu untuk melakukan pengecekan daftar kebun, dan hasil produksi/panen.

Juga kemudahan akses informasi secara real time petani mitra PTPN XI, informasi data produksi tebu, informasi Rendemen, informasi hasil gula dan tetes serta informasi hasil pembayaran.

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk merilis telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian khusus komoditas tebu mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News