BNN Bongkar Sindikat Narkoba di Lubuklinggau, 50 Ribu Pil Ekstasi Disita

BNN Bongkar Sindikat Narkoba di Lubuklinggau, 50 Ribu Pil Ekstasi Disita
Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari dan foto kanan: Barang bukti 50 ribu ekstasi yang berhasil diamankan tim BNN. Foto: BNN for sumeks.co.id

jpnn.com, LUBUKLINGGAU - Peredaran narkotika jenis ekstasi di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, berhasil dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama TNI. Sebanyak enam orang tersangka berhasil ditangkap, satu di antaranya oknum TNI.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan penangkapan dilakukan atas informasi adanya pengiriman ekstasi dari Medan ke Lubuklinggau. Tim kemudian melakukan penyelidikan ke Jalan Lintas Sumatera.

Irjen Pol Arman Depari menyampaikan, operasi pada 1 Maret 2019 itu diawali adanya informasi pengiriman ekstasi dari Medan menuju Lubuk Linggau. Sindikat itu menggunakan jalur darat dalam penyelundupan tersebut.

“Di Jalan Lintas Sumatera, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, tim melakukan penangkapan terhadap tiga orang tersangka dan mengamankan empat kantong narkoba jenis ekstasi,” tutur Arman dalam keterangan persnya, Sabtu (2/3).

Dari penangkapan itu, BNN melakukan pengembangan dan menangkap satu tersangka lain bernama Dedi Darmawan di Tanjung Morawa, Sumatera Utara. Dia mengaku diperintah oleh anggota TNI berpangkat Serda dengan inisial SM.

“Tim BNN berkoordinasi dengan Dandim 0204 Deli Serdang, Subdenpom I/1-3 Lubuk Pakam, Subdenpom I/1-1 Tebing Tinggi dan unit intel, berhasil mengamankan serda SM,” jelas dia.

Dedi Darmawan dan Serda SM kemudian dibawa tim gabungan BNN dan Puspom TNI AD ke peternakan sapi di Desa Sukaraja, Pegajahan, Serdang Begadai. Di sana ditemukan enam bungkus ekstasi yang ditanam di kandang sapi milik warga.

Dari operasi tersebut, secara menyeluruh ada enam tersangka yang ditangkap. Mereka adalah Sofian, Hendiansya, Hendra, Dedi Darmawan, Serda SM, dan Andi.

Peredaran narkotika jenis ekstasi di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, berhasil dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama TNI. Sebanyak enam orang tersangka berhasil ditangkap, satu di antaranya oknum TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News