Bob Dylan Menerima Nobel Sastra dalam Upacara Tertutup

Bob Dylan Menerima Nobel Sastra dalam Upacara Tertutup
Bob Dylan. Foto: AFP

jpnn.com - Setelah berbulan-bulan dalam ketidakjelasan, Bob Dylan akhirnya menerima penghargaan Nobel bidang literature yang dimenangkannya tahun lalu.

Hadiah bergengsi itu diserahkan langsung kepada sang musisi kawakan dalam sebuah seremoni tertutup di Stockholm, Swedia, Sabtu (1/4).

Dylan diumumkan sebagai pemenang Oktober lalu, tapi dia menolak hadir pada acara upacara penyerahan di bulan Desember. Ketika itu, Dylan beralasan ada "komitmen lain" yang menghalanginya pergi ke Swedia, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Anggota Akademi Nobel Swedia menyampaikan kepada Associated Press bahwa upacara penyerahan berlangsung dengan sangat baik. Sumber tersebut juga memuji Dylan sebagai sosok yang sangat baik dan ramah.

Tidak ada satu pun awak media yang hadir saat pelantun lagu "Like a Rolling Stone" itu menerima hadiahnya. Setelah upacara, Dylan menggelar pertunjukan di Stockholm Waterfront.

Meski sudah menerima penghargaan, Dylan tetap diharapkan mengikuti tradisi Nobel dengan memberikan kuliah sebagai syarat untuk mendapat hadiah uang senilai USD 919 ribu atau sekitar Rp 9,6 miliar.

Peraih 12 Grammy itu punya waktu hingga Juni untuk memberikan kuliah atau kehilangan hak atas hadiah uang tersebut.

Bob Dylan adalah musisi pertama yang menerima Nobel sastra. Akademi Nobel Swedia beralasan bahwa Dylan telah menciptakan ekspresi puitis baru dalam tradisi musik Amerika. (dil/JPNN)


Setelah berbulan-bulan dalam ketidakjelasan, Bob Dylan akhirnya menerima penghargaan Nobel bidang literature yang dimenangkannya tahun lalu.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News