Bocah-bocah SD Itu Tiap Hari Jalan Kaki Lima Kilometer

Bocah-bocah SD Itu Tiap Hari Jalan Kaki Lima Kilometer
Pulang dari sekolah, Nanik dan enam temannya harus berjalan kaki sejauh 5 Km menuju rumahnya. Foto: BAGUS RIO/RADAR BANYUWANGI/JPNN.com

jpnn.com - Beberapa siswa SDN 1 Bulusari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jatim, punya semangat tinggi untuk menuntut ilmu.

Nanik dan enam temannya harus menempuh jarak 5 Km dengan berjalan kaki setiap hari. Perjuangan sang murid membuat para guru memaklumi jika bocah-bocah itu terlambat masuk sekolah.

BAGUS RIO ROHMAN, KALIPURO

Tujuh pelajar sekolah dasar tersebut seolah tak menghiraukan jarak yang harus ditempuh. Seperti pengakuan Nina, salah satu siswa yang rumahnya jauh dari SDN 1 Bulusari.

Dia harus menempuh jarak 5 Km dari rumahnya ke sekolah. Enam temannya juga sama, tetapi ada salah satu siswa membawa sepeda motor. Padahal, mestinya anak seusia tersebut belum diperbolehkan membawa kendaraan roda dua.

Ironisnya, jalan yang harus dilalui oleh para siswa pejalan kaki tersebut hancur. Jalannya bebatuan yang sangat sulit dilalui oleh kendaraan roda dua.

Apalagi saat cuaca buruk yang melanda di Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro, jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan apa pun. Kendaraan bisa akan terpeleset karena tanah yang dilalui berupa tanah berlumpur.

Tetapi, siswa yang membawa kendaraan itu pun nekat berangkat ke sekolah.

Beberapa siswa SDN 1 Bulusari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jatim, punya semangat tinggi untuk menuntut ilmu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News