Bocor-bocor! Menkominfo Serukan Puasa Facebook

Bocor-bocor! Menkominfo Serukan Puasa Facebook
Menkominfo Rudiantara saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/18). FOTO: HENDRA EKA/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Mengenai tindak lanjut kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengimbau agar masyarakat media sosial untuk berpuasa sementara gunakan Facebook.

"Kepada masyarakat, Menkominfo menyarankan untuk berpuasa dari media sosial," Rudiantara.

Rudiantara menekankan, khususnya pengguna Facebook untuk tidak mengikuti kuis-kuis atau aplikasi serupa untuk sementara waktu.

Pasalnya, aplikasi kuis mengharuskan pengguna mengisi beberapa pertanyaan dan kemudian dipampang ke dinding utama.

"Mereka juga meminta persetujuan akses akun Facebook pribadi, ketika akses diberikan dari sinilah data-data pengguna bisa diambil," tegasnya.

Menkominfo meminta Facebook untuk segera mematikan aplikasi-aplikasi sejenis tersebut yang dikerjasamakan Facebook dengan pihak ketiga. Terutama berkaitan dengan kuis-kuis model personality test dan analisis kebiasaan. ”Jangan dibolehkan dulu di Indonesia, matiin dulu,” katanya.

Sebelumnya, Kemkominfo telah menyiapkan pelbagai macam sanksi untuk Facebook karena telah melakukan pelanggaran perlindungan data pribadi.

Meliputi sanksi administrasi, sanksi hukuman badan maksimal 12 tahun dan/atau denda maksimal 12 miliar rupiah. (mg8/jpnn)


Mengenai tindak lanjut kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia, Menkominfo Rudiantara mengimbau agar masyarakat media sosial untuk berpuasa sementara.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News