Bos ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi Nongol Lagi

Bos ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi Nongol Lagi
Penampakan Abu Bakr Al-Baghdadi pada 2014. Foto: Reuters

jpnn.com - Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, gembong ISIS muncul di video. Abu Bakar al-Baghdadi berbicara tentang jatuhnya Baghouz bulan lalu, dan memuji serangan bunuh diri Sri Lanka.

Abu Bakar al-Baghdadi muncul dalam video baru yang dirilis media jaringan kelompok teror ISIS hari Senin (29/5).

Dalam klip sepanjang 18 menit, seorang pria berjanggut terlihat duduk dan berbicara dengan santai kepada tiga pria lain, yang wajahnya tidak tampak jelas.

Dia membahas peristiwa baru-baru ini, termasuk kekalahan ISIS di Baghouz, Suriah, bulan yang lalu. Dia memuji serangan bom bunuh diri Sri Lanka awal bulan ini, yang menewaskan ratusan orang. Tapi dalam bagian itu dia tidak tampak hanya terdengar suaranya.

Video ini diterbitkan oleh kelompok media al-Furqan pada layanan pesan Telegram dan disebarkan oleh SITE Intelligence Group pimpinan Rita Katz yang bermarkas di AS.

Dalam video itu Abu Bakar al-Baghdadi terdengar mengatakan, serangan Paskah di Sri Lanka adalah pembalasan atas kekalahan ISIS di Baghouz, benteng terakhir kelompok itu di Suriah.

“Saudara-saudaramu di Sri Lanka telah menyembuhkan hati para anggota ISIS dengan serangan bom bunuh diri, yang mengguncang ranjang para pejuang Kristen selama Paskah, untuk membalas dendam saudara-saudaramu di Baghouz,” katanya.

“Ini adalah bagian dari balas dendam yang menanti para tentara salib.” Ini adalah pertama kalinya Abu Bakar al-Baghdadi muncul di video sejak dia mendeklarasikan kekhalifahan di Suriah dan Irak lima tahun lalu. Namun tidak jelas, kapan atau di mana video itu direkam. Teks di awal video itu menunjukkan tanggal awal April 2019.

Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, gembong ISIS muncul di video. Abu Bakar al-Baghdadi berbicara tentang jatuhnya Baghouz bulan lalu, dan memuji serangan bunuh diri Sri Lanka.

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News