BTN Gelontorkan Kredit Untuk PNS di Lebak

BTN Gelontorkan Kredit Untuk PNS di Lebak
Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Sinergi Penyediaan Jasa dan Layanan Perbankan serta Perumahan bagi Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia pada Pemkab Lebak di Jakarta, Kamis (19/7). Foto humas BTN

jpnn.com, LEBAK - PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk menggelar kemitraan dengan Korps Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan PT Bintang Energi Lestari untuk menyediakan rumah bagi hampir 10 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Lebak.

Melalui kemitraan tersebut, para PNS Pemkab Lebak bisa memiliki rumah murah dan terjangkau di kawasan kota baru yakni Maja di Kabupaten Lebak, Banten.

Direktur Bank BTN Budi Satria mengatakan selain untuk mendukung suksesnya Program Satu Juta Rumah, kemitraan ini juga digelar sebagai bentuk partisipasi perseroan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Melalui kerja sama ini, akan dibangun hunian di atas area lahan seluas kurang lebih 1.500 hektar di Maja, yang masuk dalam rancangan pengembangan kota baru RPJMN.

Proyek pembangunan hunian bernama Perumahan Bintang Maja Lestari tersebut pun akan dibangun secara bertahap.

“Dalam tahap pertama, akan dibangun 2.000 unit rumah di atas lahan seluas 37 hektar. Rumah-rumah tersebut dapat dimiliki PNS Pemkab Lebak dengan skema KPR yang terjangkau baik berskema subsidi maupun non-subsidi,” jelas Budi di sela acara Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Sinergi Penyediaan Jasa dan Layanan Perbankan serta Perumahan bagi Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia pada Pemkab Lebak di Jakarta, Kamis (19/7).

Dengan kesepakatan tersebut, BTN tidak hanya menyediakan KPR bagi PNS Pemkab Lebak, tapi juga memberikan kredit kontruksi untuk pembangunan kawasan perumahan tersebut.

Budi melanjutkan, BTN juga akan menyediakan produk dan layanan perbankan lainnya bagi Pemkab Lebak. Hal tersebut diberikan untuk memberikan kemudahan bagi instansi ini dalam bertransaksi keuangan.

Adapun, sesuai RPJMN 2015-2019, akan ada 10 kawasan perkotaan baru yang akan dibangun pemerintah.

Di antaranya yakni Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjarbaru, dan Maja. Kawasan Maja sendiri tercatat memiliki luas sekitar 15.000 hektar dan mampu menampung hingga 1,2 juta jiwa. Kawasan ini rencananya akan dilengkapi fasilitas umum seperti akses tol dan stasiun kereta dari dan menuju Jakarta.(chi/jpnn)

 


Pembangunan rumah diperuntukkan bagi sekitar 10 ribu PNS di wilayah Lebak tersebut untuk mendukung Program Satu Juta Rumah.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News