BTS Kalah, Penggemar Curiga Ada Kecurangan

BTS Kalah, Penggemar Curiga Ada Kecurangan
BTS. Foto: Soompi

jpnn.com - Pihak Inkigayo buka suara. Perwakilan acara musik SBS tersebut menjelaskan kekalahan BTS di show akhir pekan lalu. Boyband asuhan Big Hit Entertainment itu tak bisa menang lantaran single-nya rilis di luar waktu penghitungan ranking. Peringkat di chart ditentukan data yang masuk sejak sepekan sebelumnya.

Artinya, pada episode 21 April, data yang digunakan berasal dari hasil penghitungan 8-15 April. Sementara itu, lagu baru BTS Boy with Luv dirilis 12 April. ''Peringkat pekan lalu memang demikian karena ada selisih antara periode penghitungan data dan dimulainya masa promosi BTS," ungkap pihak Inkigayo di situs resminya pada Selasa (23/4).

Di samping itu, ada kriteria selain penjualan album digital maupun fisik. "Show lain juga menerapkan itu. Mohon jangan tanyakan apa saja kriterianya, karena show lain juga tidak membeberkannya," kata perwakilan Inkigayo. Umumnya, selain penjualan album, kemenangan artis didukung voting di laman resmi show tersebut dan kepopuleran mereka di situs pencarian maupun media sosial.

BACA JUGA: Album Comeback BTS Pecahkan Rekor

ARMY, sebutan fans BTS, tidak puas dengan penjelasan itu. Mereka menuduh Inkigayo tak mengalkulasi penjualan album Map of the Soul: Persona pada 13-15 April. "Jika data memang diambil pekan lalu, BTS masih bisa menang. Tolong jelaskan penghitungan kalian," tegas fans di laman Inkigayo.

Dalam episode pekan ketiga April, Boy with Luv gagal meraih puncak. Lagu teranyar BTS itu kalah oleh hit BLACKPINK Kill This Love. Meski begitu, di acara musik lain, boyband yang beranggota tujuh orang tersebut tetap memboyong piala.

ARMY sebenarnya tidak perlu khawatir. Sebab, kemarin (24/4) BTS kembali mencetak rekor. Boy with Luv jadi klip video boyband Korea yang paling cepat menembus 200 juta view. Catatan itu diraih BTS dalam waktu 11 hari 19 jam 43 detik. (Soompi/fam/c18/nda)


Seperti pemilu di Indonesia, tangga lagu Kpop di Korea Selatan juga diwarnai tuduhan kecurangan. Fans BTS yang tidak puas jagoannya kalah menuntut data penghitungan ranking dibuka


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News