Bu Susi Janji Perbaiki Tata Kelola Keuangan KKP

Bu Susi Janji Perbaiki Tata Kelola Keuangan KKP
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti berjanji akan memperbaiki tata kelola keuangan kementerian yang dikelolanya.

Hal tersebut dilakukan setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini tidak menyatakan pendapat atau disclaimer tehadap laporan keuangan KKP pada 2016.

"Laporan keuangan akan kami perbaiki, KKP selalu mencoba berbuat se-efektif dan se-efisien mungkin," ujar Susi di Kantor KKP, Rabu (31/5) malam.

Susi menjelaskan, pada tahun pertama dirinya menjabat sebagai Menteri KKP juga mendapatkan disclaimer dari BPK.

Akan tetapi, pada saat itu juga Susi mengaku telah melakukan penghematan anggaran yang tidak diperlukan.

"‎Di tahun pertama kami juga mendapatkan disclaimer, tetapi kami kembalikan self blocking (penghematan) ke negara Rp 66 triliun. Ini juga penghematan luar biasa, dengan menghilangkan kata-kata yang nggak perlu. Ada persoalan kapal, ada urusan tanah. Jadi nanti kami akan pelajari dan perbaiki, itu aja," tandas Susi.

Sebelumnya, BPK memberikan opini disclaimer pada laporan Keuangan KKP 2016. BPK menemukan beberapa kendala pertanggungjawaban yang tidak terpenuhi.

Salah satunya, pada pengadaan ratusan kapal untuk para nelayan‎. Dalam laporan keuangan KKP, anggaran tersebut sekitar Rp 209 miliar untuk 750 kapal nelayan yang prosesnya ditargetkan rampung pada Desember 2016.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti berjanji akan memperbaiki tata kelola keuangan kementerian yang dikelolanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News