Bu Susi Minta Nelayan Kendari Bantu Pemerintah

Bu Susi Minta Nelayan Kendari Bantu Pemerintah
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto IST

jpnn.com, KENDARI - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpesan kepada nelayan di Kendari untuk membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian laut.

Pemerintah melalui KKP kata Susi sudah bekerja keras memberantas penangkapan ikan secara ilegal dengan mengusir kapal asing.

Untuk itu sambung Susi, sudah sepatutnya nelayan juga bekerja bersama pemerintah untuk menjaga laut dan kelestarian terumbu karangnya.

Menurut Susi, kebijakan pemerintah yang sudah bagus, harus bisa dijaga nelayan dan pelaku usaha perikanan tangkap.

"Dengan Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016, pemerintah melarang asing untuk masuk dalam bisnis penangkapan ikan, yang artinya pengusaha-pengusaha dalam negeri yang berhak terhadap lautan Indonesia," tutur Susi.

Terlebih, saat ini sumber daya ikan di laut Indonesia sudah banyak karena kapal asing tidak beroperasi lagi.

Nah untuk menjaga agar ikan terus ada, maka terumbu karang juga harus dijaga kelestariannya. Ia pun kembali mengingatkan untuk tidak lagi menggunakan bom ikan dan menangkap ikan hidup dengan memakai pottasium.

"Itu harus dilarang karena bisa merusak terumbu karang. Nanti kalau terumbu karangnya hilang, ikan mau berumah di mana? Ikan itu kalau sudah dewasa ke pinggir, mau berkawin, tidak mau dia di gelombang yang besar, tapi di tempat yang teduh," terang Susi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpesan kepada nelayan di Kendari untuk membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News