Buat Penolak Perppu Ormas, Catat Pernyataan Serius Jokowi Ini

Buat Penolak Perppu Ormas, Catat Pernyataan Serius Jokowi Ini
Presiden Joko Widodo. Foto: setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan tidak akan membiarkan adanya pihak yang boleh merongrong Pancasila dan NKRI. Baik individu maupun kelompok organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Menurut Jokowi, negara akan mengendalikan pihak-pihak yang menyalahgunakan kebebasan berserikat dalam alam demokrasi Indonesia, katanya, negara harus berani mengendalikannya.

"Kami tidak akan membiarkan apakah itu ormas, individu, yang menyalahgunakan kebebasan yang diberikan. Negara harus berani mengontrol, karena itu adalah fungsi negara," ujar dia.

Hal itu disampaikan Jokowi -sapaan presiden saat menyampaikan kuliah umum pada kuliah perdana Akademi Bela Negara (ABN) Partai Dasdem di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (16/7).

Bahkan Jokowi menyampaikan pesan khusus bagi pihak-pihak yang menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No.2 Tahun 20017 tentang Ormas.

"Yang tidak setuju dengan Perppu misalnya, Perppu tentang ormas, ya silakan menempuh jalur hukum. Negara kita negara hukum, memberikan ruang kepada yang tidak setuju. Tempuh jalur hukum," tegas Jokowi dengan mimik wajah serius.

Dia menegaskan, NKRI harus tetap utuh. Negara tidak bisa dirongrong masa depan dan kewibawaannya. (fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menyatakan tidak akan membiarkan adanya pihak yang boleh merongrong Pancasila dan NKRI. Baik individu maupun kelompok organisasi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News