Buka Pertemuan Kerja Sama Indo-Pasifik, Pak JK: Laut Menyatukan Kita

Buka Pertemuan Kerja Sama Indo-Pasifik, Pak JK: Laut Menyatukan Kita
Jusuf Kalla saat membuka pertemuan atau dialog kerja sama Indo-Pasifik. Foto: kemlu

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya pentingnya konektivitas termasuk dalam hal infrastruktur yang memberi manfaat bersama khususnya di kawasan Indo-Pasifik.

Pak JK mengungkap hal tersebut saat membuka pertemuan High Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Jakarta, Selasa (20/3) lalu.

“Arsitektur regional yang kondusif menjadi sangat penting, untuk mewadahi ditumbuhkannya sikap saling percaya dan mendorong semangat kerja sama,” ungkapnya seperti dikutip dari laman Kemlu.

Hal tersebut melatari diselenggarakannya pertemuan HLD-IPC, guna mewujudkan sinergi yang konkret dalam interaksi antarnegara di kawasan Indo-Pasifik.

Sejumlah bidang menjadi poros utama kerja sama seperti kemaritiman, infrastruktur, dan pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) bagi kesejahteraan di kawasan. “Laut adalah sumber kesejahteraan. Laut menyatukan kita,” ucap JK.

Beberapa kerja sama konkret yang bisa dilakukan antara lain adalah pembentukan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, kerja sama penanggulangan perompak, serta penanganan sampah laut dan mitigasi bencana alam.

Forum HLD-IPC merupakan forum pertama bagi ke-18 negara untuk mendiskusikan konsep Indo-Pasifik. Menlu Retno Marsudi menyampaikan, seluruh negara yang hadir secara khusus mengapresiasi inisiatif Indonesia pada forum ini.

Tak hanya itu, peserta juga menyebut forum ini sangat bermanfaat dalam menemukan common ground bagi Indo-Pasifik yang damai, aman, dan sejahtera bagi rakyat. (*/adk/jpnn)


Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka High Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation di Jakarta.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News