Buka Sejarah Halalbihalal, PDIP Ajak Komponen Bangsa Perkuat Persaudaraan Nasional

Buka Sejarah Halalbihalal, PDIP Ajak Komponen Bangsa Perkuat Persaudaraan Nasional
Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengajak seluruh komponen bangsa menggunakan momentum Lebaran dan tradisi halalbihalal, guna memperkukuh persaudaraan nasional.

Hasto meyakini tradisi halalbihalal yang sudah mengakar, hidup, serta menjabarkan kepribadian bangsa Indonesia yang suka tolong menolong, membuat bangsa Indonesia bisa berlari lebih kencang mengejar ketertinggalannya.

"Dalam perspektif kesejarahan, tradisi halalbihalal yang dimulai dengan penuh kesadaran baik di kalangan pemimpin nasional maupun masyarakat luas, dimulai sejak tahun 1948. Saat itu Indonesia dilanda berbagai persoalan seperti pemberontakan, dan elite politik yang saling bertengkar serta tidak mau bermusyawarah," ujar Hasto.

Atas dasar hal tersebut, pada pertengahan bulan Ramadan, Bung Karno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara guna diminta pendapatnya, bagaimana Lebaran menjadi momentum agar para tokoh bangsa dan elite politik yang berbeda pendapat bisa bertemu dan bermusyawarah.

"Mendengar hal tersebut maka Kiai Wahab mengusulkan perlunya silaturahmi. Namun Bung Karno meminta istilah yang lain, dan akhirnya disepakati halalbihalal, yang maknanya saling menghalalkan," tutur Hasto.

Maka sejak tahun 1948, Idulfitri sekaligus menjadi momentum halalbihalal, saling bermaaf-maafan dan mengedepankan persaudaraan sebagai satu bangsa.

"PDI Perjuangan mengajak seluruh komponen bangsa untuk benar-benar menggunakan momentum Lebaran ini guna menjadikan persaudaraan nasional lebih kukuh, agar bangsa ini bisa segera mengejar ketertinggalannya dengan cara gotong royong," kata Hasto.

"Buat kader partai, Idulfitri jangan hanya sebagai hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa, namun juga mengambil semangat halalbihalal guna meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa. Selamat Idulfitri," pungkas Hasto. (adk/jpnn)


Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengajak seluruh komponen bangsa menggunakan momentum Lebaran dan tradisi halalbihalal, guna


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News