Bule Australia Tinggal di Bali, Tiap Hari Memungut Sampah demi...

Bule Australia Tinggal di Bali, Tiap Hari Memungut Sampah demi...
PUNGUT SAMPAH: Paul Gibson memungut sampah di depan salah satu hotel di Pantai Sanur, Denpasar. Foto: Adrian Suwanto/Radar Bali

jpnn.com, DENPASAR - Bali dikenal memiliki banyak pantai yang menjadi destinasi wisata. Selain Pantai Kuta di Kabupaten Badung yang sudah terkenal hingga mancanegara, ada pula Pantai Sanur yang masuk wilayah Denpasar yang juga terkenal di kalangan wisatawan.

Pantai Sanur merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbit. Namun, keindahan Pantai Sanur tergerus dengan sampah yang berserakan.

Sampah bertebaran di mana-mana. Parahnya, banyak sampah plastik terselip di antara pasir putih, bahkan sampai di lautan.

Tapi aksi warga negara Australia bernama Paul Gibson ini bisa menjadi teladan. Kecintaannya pada Sanur membuatnya rela setiap pagi menyusuri pantai untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan.

Gibson adalah WN Australia Sydney. Setiap pagi hingga menjelang siang, dia dengan ditemani anjing peliharaannya memunguti satu per satu sampah di Sanur.

Untuk memunguti sampah, Gibson menggunakan penjepit besi. Tak jarang ketika sampah sulit untuk diangkat, dia harus menggunakan tangan.

Rutinitas Gibson memang membuat kagum karena tak banyak orang yang mau melakukannya. Menurutnya, Pantai Sanur tidak hanya tentang laut maupun pasir, tapi anugerah Tuhan yang harus dijaga.

Dia sangat mengkhawatirkan keberadaan sampah plastik. “Ini tentu akan berdampak terhadap keberlangsungan biota yang ada di laut. Yakni menyebabkan matinya ikan-ikan, dan hewan lainnya,” ujar Paul Gibson.

Bali dikenal memiliki banyak pantai yang menjadi destinasi wisata. Selain Pantai Kuta di Kabupaten Badung yang sudah terkenal hingga mancanegara,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News