Buleleng Siapkan Kawasan Heritage Bung Karno

Buleleng Siapkan Kawasan Heritage Bung Karno
Bung Karno, 9 Juli 1965 di antara personil band Trio Greco. Foto: Arsip Nasional Belanda.

jpnn.com, BULELENG - Pemerintah Kabupaten Buleleng merancang kawasan heritage yang berkaitan dengan Presiden RI Pertama Ir Soekarno. Rencananya, kawasan heritage itu bukan hanya menjadi lokasi cagar budaya, namun juga sebagai destinasi wisata di wilayah perkotaan.

Laman Jawa Pos Radar Bali memberitakan, kawasan heritage bertema Bung Karno itu membentang dari Kelurahan Sukasada hingga Kantor Bupati Buleleng. Ada beberapa lokasi yang dianggap bersejarah dan berkaitan dengan sosok Soekarno.

Lokasi pertama adalah ruang terbuka hijau (RTH) di Kelurahan Sukasada yang diusulkan bernama Taman Bung Karno. Rumah ibunda Bung Karno, Nyoman Rai Srimben yang ada di Lingkungan Bale Agung juga masuk dalam peta kawasan heritage.

Khusus untuk rumah Rai Srimben, belum lama ini Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Bali sudah melihatnya langsung. Selain itu Kantor Bupati Buleleng juga dirancang masuk dalam kawasan heritage ini.

Kantor Bupati Buleleng diyakini sempat disinggahi Soekarno ketika Proklamator RI itu datang ke Singaraja. Saat itu, Soekarno telah menyandang jabatan sebagai Presiden RI.

“Ini upaya melestarikan situs sejarah yang ada di Buleleng. Apalagi Buleleng ini kan tempat lahirnya Nyoman Rai Srimben, ibunda dari Bung Karno. Situs-situs ini akan terus dilestarikan di Buleleng,” kata Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra.

Tokoh masyarakat di Bale Agung, Made Hardika mengaku mendukung rencana pemerintah. Hanya saja, Hardika meminta pemerintah agar melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat setempat, terutama mengenai hak dan kewajiban warga di Bale Agung bila nanti ditetapkan sebagai kawasan heritage.

Menurutnya, ada beberapa hal di Bale Agung yang mengalami perubahan seiring dengan perubahan sosial ekonomi masyarakat setempat. Namun, ada pula beberapa bagian yang belum mengalami perubahan. Di antaranya deretan lumbung padi, lokasi persembahyangan, serta beberapa pintu masuk.

Pemerintah Kabupaten Buleleng merancang kawasan heritage yang berkaitan dengan Presiden RI Pertama Ir Soekarno. Rencananya, kawasan heritage itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News