Bulog Pastikan Stok Pangan Aman Sampai Lebaran

Bulog Pastikan Stok Pangan Aman Sampai Lebaran
Beras Bulog. Foto: Bontang Post/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan stok beras tetap aman selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1439 mendatang.

Hal ini diungkap Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Karyawan Gunarso menjelaskan, stok beras yang dimiliki pihaknya saat ini sebesar 1,3 juta ton.

"Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan sampai Lebaran nanti, bahkan prediksi kami ini lebih dari cukup. Masyarakat tidak perlu khawatir, kami pastikan stok aman,” kata Gunarso.

Dia menegaskan, untuk memastikan keamanan stok Ramadan dan Lebaran, Bulog saat ini tercatat memiliki 1.600 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total kapasitas mencapai 4 juta ton.

Tidak hanya di wilayah perkotaan dan pedesaan, keberadaan gudang-gudang Bulog juga menjangkau area-area perbatasan.

Untuk tahun ini, Bulog memiliki target pengadaan 2,7 juta ton setara beras pada 2018. Pengadaan Bulog dari dalam negeri hingga 23 Mei 2018 telah mencapai 800 ribu ton setara beras, sedangkan realisasi impor beras telah mencapai 633 ribu ton.

Adapun stok beras yang dimiliki Bulog adalah sebesar 1,3 juta ton pada 23 Mei 2018.

Selain mengemban peran menjaga ketersediaan stok, Bulog juga mengemban peran dalam menstabilkan harga.

Untuk memastikan keamanan stok Ramadan dan Lebaran, Bulog saat ini tercatat memiliki 1.600 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News