BUMN Ini Siap Kelola Freeport

BUMN Ini Siap Kelola Freeport
Luhut Pandjaitan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Winardi Sunoto menyatakan siap mengambil alih 10,64 persen divestasi saham PT Freeport Indonesia jika pemerintah memberikan instruksi.

"Kita itu siap terus," kata Winardi Sunoto sesuai pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin (27/2).

Menurut dia, perusahaan pertambangan dalam negeri memiliki pengalaman mumpuni dalam bidang operasional dan pengolahan.

Sehingga jika mendapat instruksi untuk mengelola aset Freeport, perusahaan dalam negeri yang nantinya tergabung dalam holding BUMN pertambangan akan mampu melakukannya.

"Dari sisi operasional, kita dalam negeri punya pengalaman banyak. Underground (penambangan bawah tanah) Aneka Tambang punya pengalaman, lalu proses pengolahan, hidrometalurgi kita punya pengalaman di sana," katanya.

Ada pun terkait kesiapan perusahaan-perusahaan BUMN pertambangan untuk mengambilalih saham Freeport, Winardi mengatakan harus dilihat dari semua kompetensi yang ada.

"Yang jelas, ini bukan hal yg sulit bagi kita. Kita punya pengalaman di underground mining (pertambangan bawah tanah), hidrometalurgi, smelter, jadi enggak ada yang aneh," tambahnya.

Winardi juga menambahkan secara finansial, perusahaan tambang nasional di bawah rencana holding itu mengaku tidak menemui kesulitan.

Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Winardi Sunoto menyatakan siap mengambil alih 10,64 persen divestasi saham PT Freeport Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News