Bupati Cirebon Didesak Pecat PNS Berpolitik Praktis

Bupati Cirebon Didesak Pecat PNS Berpolitik Praktis
Direktur Eksekutif KomunaL (Komunitas Untuk Penataan Kebijakan Publik) Hery Susanto. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, CIREBON - Banyaknya pejabat PNS di Kabupaten Cirebon yang mengikuti bursa pencalonan kepala daerah melalui parpol hingga diduga menjadi anggota parpol, memicu reaksi masyarakat.

Salah satu desakan kuat muncul dari Komunitas Untuk Penataan Kebijakan Publik (KomunaL) yang meminta agar Bupati Cirebon Sunjaya Puwadisastra segera memberhentikan dengan tidak hormat pejabat PNS yang berpolitik praktis tersebut.

Hal tersebut disampaikan Hery Susanto, Direktur Eksekutif KomunaL melalui keterangan persnya, Senin (10/7).

Menurut Hery Susanto, langkah pejabat PNS mendaftar bursa Bacabup Cirebon itu merupakan tindakan indisipliner dan melanggar etika aparatur sipil negara (ASN).

Menurut Hery, Bupati Cirebon musti menindak tegas dengan memberhentikan tidak hormat pejabat PNS yang telah menjadi anggota dan atau pengurus partai politik. Sebab itu merupakan bagian politik praktis di luar tupoksi-nya sebagai PNS.

“Jika sudah diberikan peringatan namun belum sadar juga maka pecat saja apalagi alat buktinya jelas,” ujar Hery.

Sanksi itu sudah diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Badan Kepegawaian Negara, Pasal 250 poin c, PNS diberhentikan dengan tidak hormat apabila menjadi anggota dan atau pengurus parpol.

Hery meminta agar Bupati Cirebon tidak membiarkan tindakan oknum pejabat PNS itu. Jika dibiarkan maka akan terjadi pembodohan masyarakat dan melanggar peraturan perundang-undangan ASN.

Banyaknya pejabat PNS di Kabupaten Cirebon yang mengikuti bursa pencalonan kepala daerah melalui parpol hingga diduga menjadi anggota parpol, memicu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News