Cangkang Telur Bukan Sampah, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Cangkang Telur Bukan Sampah, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Konsumsi telur yang meningkat setiap tahun membuat limbahnya meningkat juga. Pada tahun 2016 limbah cangkang telur mencapai 3.556.560 ton per tahun.

Namun, tahukah Anda bahwa cangkang telur memiliki manfaat bagi kesehatan kita?

Cangkang telur mengandung 95% kalsium karbonat yang bermanfaat untuk tulang dan gigi. Kalsium diyakini dapat membantu mencegah osteoporosis dan juga digunakan untuk menyembuhkan sakit maag, gangguan pencernaan, dan sakit perut.

Cangkang telur mengandung komposisi senyawa kimia, dimana cangkang telur merupakan lapisan berkapur yang menyusun 9-12% dari berat telur total.

Cangkang telur tersusun kira-kira 94% kalsium karbonat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfat, dan 4% bahan organik terutama protein. Selain itu, rerata dari cangkang telur mengandung 3% fosfor dan 3% terdiri atas magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi dan tembaga.

Setengah cangkang telur bisa memberi Anda asupan harian yang disarankan. Tapi tunggu, kita tidak mengharapkan Anda mengonsumsi cangkang mentah atau makan telur rebus tanpa mengupasnya.

Sebagai gantinya ada alternatif lain bagaimana cara mengonsumsi cangkang telur dengan benar, cangkang perlu diubah kedalam bubuk terlebih dahulu.

Pertama, cangkang dianjurkan agar direbus selama beberapa menit untuk membunuh bakteri dan kemudian dipanggang selama 10 menit di oven pada suhu 200 ° C.

Konsumsi telur yang meningkat setiap tahun membuat limbahnya meningkat juga. Pada tahun 2016 limbah cangkang telur mencapai 3.556.560 ton per tahun.

Sumber Pojoksatu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News