Cara Bea Cukai Tingkatkan Pengetahuan soal Rules of Origin

Cara Bea Cukai Tingkatkan Pengetahuan soal Rules of Origin
Bea Cukai Indonesia bekerja sama dengan World Customs Organization (WCO) dan Customs Cooperation Fund menggelar training of trainers of origin for experts. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, BANDUNG - Bea Cukai Indonesia bekerja sama dengan World Customs Organization (WCO) dan Customs Cooperation Fund menggelar training of trainers of origin for experts di Bandung, Jawa Barat, 26-30 November 2018.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai R Syarif Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan personel Bea Cukai Indonesia di bidang rules of origins.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Bea Cukai Indonesia untuk melakukan peningkatan program capacity building nasional dan internasional serta merupakan salah satu upaya untuk mencapai sertifikasi sebagai salah satu WCO Regional Training Centre di Asia Pasifik bagi Pusdiklat Bea Cukai,” ungkap Syarif.

Workshop tersebut dihadiri para ahli yang telah berpengalaman dalam bidang rules of origin.

Di antaranya WCO Accredited Rules of Origin Expert Mette Werdelin Azzam, Malaysia Customs Siti Khadijah Mohd Noor, dan Pakistan Customs Sanaullah Abro.

Sementara itu, yang mewakili Indonesia adalah Direktur Fasilitas Kepabeanan Oentarto Wibowo sebagai WCO accredited integrity expert.

Oentarto menjelaskan, workshop ini merupakan bukti komitmen Indonesia untuk mendukung berbagai WCO program capacity building, khususnya di regional Asia Pasifik.

“Workshop ini juga diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi untuk Bea Cukai Indonesia dalam perumusan peraturan impelementasi free trade agreement dan rules of origin yang seragam, konsisten, reliable, dan disepakati seluruh pemangku kepentingan yang terlibat. Dengan demikian, seluruh tugas fungsi Bea Cukai dapat terlaksana dengan baik,” kata Oentarto. (adv/jpnn)


Bea Cukai Indonesia bekerja sama dengan World Customs Organization (WCO) dan Customs Cooperation Fund menggelar training of trainers of origin for experts


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News