CBL Bakal Hubungkan Pelabuhan Tj Priok dengan Kawasan Industri Cibitung

CBL Bakal Hubungkan Pelabuhan Tj Priok dengan Kawasan Industri Cibitung
Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara yang menjadi salah satu gerbang ekspor dan impor. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com -  

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, moda transportasi alternatif saat ini sangat dibutuhkan dan transportasi terbatas pada jalan tol dan kereta api akan menjadi alternatif yang lebih modern dan hemat biaya.

Dalam meningkatkan efektivitas pengangkutan logistik dengan container khususnya dari dan ke timur Jakarta, Kementerian Perhubungan mendorong Pelindo II agar segera membangun Cikarang Bekasi Laut (CBL) Inland Waterways.

"Ini akan menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara dengan kawasan industri di sekitar Cibitung, Cikarang, dan Karawang, Jawa Barat dengan memanfaatkan Kanal CBL saat ini," ujar Budi.

Upaya ini, sambung Budi dilakukan untuk meningkatkan konektivitas Pelabuhan Tanjung Priok dengan daerah pedalaman (hinterland).

Menurut Budi, cara ini akan menjadi solusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol yang menuju Cibitung, Cikarang, dan Karawang, dan juga menyediakan solusi logistik yang lebih hemat biaya dan efisien.

Cara ini menurutnya juga dapat mengurangi tingkat polusi udara. Mantan dirut AP II ini berharap CBL Inland Waterway dapat meningkatkan arus volume kontainer dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Cibitung, Cikarang, dan Karawang.(chi/jpnn)


 


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News