Cegah Bibir Kering Selama Puasa dengan 4 Langkah Ini

Cegah Bibir Kering Selama Puasa dengan 4 Langkah Ini
Ilustrasi bibir kering. Foto: Shefinds

jpnn.com - Area bibir memiliki lapisan yang lebih tipis daripada kulit, sehingga umumnya lebih sensitif. Selain itu, kelenjar minyaknya tidak sebanyak pada kulit, menjadikannya cenderung lebih kering. Ada banyak faktor yang menyebabkan bibir kering. Mulai dari cuaca kering hingga kurang kelembapan dan dehidrasi akibat berpuasa.

Selama menjalankan puasa Ramadan, Anda lebih rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, keluhan bibir kering dikeluhkan sebagian besar orang. Saat kekurangan cairan, tubuh akan menarik air dari area-area tertentu untuk memastikan kebutuhan airnya terpenuhi. Kulit dan bibir merupakan area yang sering menjadi kering saat dehidrasi.

Mencegah bibir kering selama puasa
Bibir kering memang bikin tak nyaman dan bisa merusak penampilan wajah. Namun jangan khawatir, Anda bisa menerapkan langkah-langkah antisipasinya.

1. Perhatikan asupan cairan

Walau sedang menahan lapar dan dahaga, bukan berarti pasokan air untuk tubuh berkurang. Anda tetap harus minum kurang lebih 8 gelas per hari. Karena selama sekitar 13 jam Anda tak boleh menenggak air, perbanyak minum antara jam buka puasa dan sahur.

Selain dengan minum, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan lewat pilihan makanan. Misalnya konsumsi buah yang tinggi kandungan airnya seperti semangka, sup ayam, soto, dan masih banyak lagi.

2. Lakukan scrub bibir

Bibir kering juga sering disertai pecah-pecah, sehingga tak jarang membuat jari-jari Anda “gatal” mengelupasnya. Sayangnya, kebiasaan ini bisa mengiritasi bibir dan menyebabkan luka.

Salah satu keluhan tersering selama berpuasa adalah bibir kering. Beberapa langkah ini bisa cegah bibir kering loh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News