Cegah Perut Kembung dan Begah dengan 4 Hal Ini

Cegah Perut Kembung dan Begah dengan 4 Hal Ini
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Tak sedikit orang yang mengeluh perut kembung begah saat terlalu banyak makan karbohidrat atau kurang gerak. Keduanya memang dapat mengganggu fungsi saluran cerna.

Hal ini dikarenakan karbohidrat jenis tertentu tidak dapat dicerna perut dengan baik, sementara kurang gerak membuat gerakan pencernaan lebih lambat dan gas terjebak di saluran cerna.

Perut kembung dan begah adalah suatu kondisi ketika perut Anda terasa penuh dan kencang, sering kali disebabkan oleh akumulasi gas. Rasa kembung dan begah dapat menyebabkan nyeri perut, rasa tidak nyaman, dan perasaan “penuh” pada perut. Selain itu, perut Anda pun akan tampak lebih besar dari biasanya.

Apabila Anda sering mengalami perut kembung dan begah, selain menghindari terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat jenis tertentu dan berolahraga rutin, menerapkan lima hal ini dapat membantu mencegah itu terjadi.

1. Mengunyah makanan lebih lama

Menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, mengunyah makanan Anda lebih lama akan mengurangi risiko perut kembung dan begah. Ketika Anda mengunyah lebih lama, maka udara yang tertelan bersamaan dengan makanan (penyebab kembung dan begah) akan berkurang. Selain itu, mengunyah makanan lebih lama akan membuat porsi makan Anda lebih kecil.

2. Singkirkan minuman bersoda

Terdapat dua sumber gas di dalam saluran pencernaan Anda. Pertama, gas yang diproduksi oleh bakteri di dalam usus. Kedua adalah udara atau gas yang tertelan ketika Anda makan atau minum.

Perut kembung dan begah adalah suatu kondisi ketika perut Anda terasa penuh dan kencang, sering kali disebabkan oleh akumulasi gas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News