Cek Tingkat Depresi Seseorang Lewat Foto di Instagram

Cek Tingkat Depresi Seseorang Lewat Foto di Instagram
Instagram. Foto: Pixabay

jpnn.com - PENELITIAN baru jurnal EPJ Data Science mengungkapkan gambar yang ditampilkan pada akun Instagram seseorang mungkin bisa menjadi indikator adanya masalah depresi.

Untuk menguji teori ini, para ilmuwan mengumpulkan 43.950 foto yang diambil dari feedback 166 individu.

Hampir setengah dari peserta ini melaporkan mengalami depresi secara klinis dalam tiga tahun terakhir.

Para peneliti menganalisis gambar tersebut dengan mengacu pada informasi yang diperoleh dari penelitian psikologis dan juga dengan mempertimbangkan preferensi para sukarelawan terhadap kecerahan, warna dan bayangan.

Dan sebagai hasilnya, mereka menemukan hal berikut:

1. Individu depresi lebih cenderung mengunggah foto yang berwarna lebih biru, gelap dan lembut dibandingkan dengan orang yang lebih sehat pikirannya.

Dengan kata lain, orang yang menderita depresi lebih cenderung menyukai filter yang benar-benar menghabiskan semua warna dari gambar yang ingin mereka bagikan. Tidak seperti warna asli.

2. Orang-orang yang depresi cenderung memilih filter Inkwell, yang mengubah foto menjadi warna hitam-putih, sementara orang-orang yang lebih sehat memilih filter yang menawarkan warna yang lebih cerah, seperti Valencia.

PENELITIAN baru jurnal EPJ Data Science mengungkapkan gambar yang ditampilkan pada akun Instagram seseorang mungkin bisa menjadi indikator adanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News