Cerita Rachel Amanda Berjuang Melawan Kanker

Cerita Rachel Amanda Berjuang Melawan Kanker
Rachel Amanda. Foto: dok jpnn

jpnn.com - Rachel Amanda sedang berbahagia. Aktris The Nekad Traveler itu kembali beraktivitas setelah dinyatakan bebas dari kanker tiroid stadium satu.

Sisi positifnya, dia kini makin memperhatikan kesehatan. ”Sekarang saya sudah baik-baik saja kok,” ujar Manda saat ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin malam (21/8).

Manda lalu bercerita, semua berawal pada 2014. Dia melakukan checkup. Dari hasil pemeriksaan, dokter menemukan tumor dengan anak sel di lehernya.

Manda ternyata mengidap kanker stadium satu. Dia sangat shocked. Selain karena gejalanya belum terasa, Manda merasa sudah menjalankan prinsip hidup sehat.

Dia menduga, kanker yang diidapnya sangat mungkin disebabkan faktor genetik. ”Nenek sama tante saya sempat gangguan tiroid,” ujar Manda.

Dokter lantas menyarankan aktris 22 tahun itu melakukan operasi pengangkatan tumor. Proses ablasi dan pengobatan berjalan sukses. Manda tidak perlu menjalani kemoterapi. Dia hanya harus rutin berobat dan menjaga kesehatan.

Kini, sebagai terapi agar sel kanker tidak kembali, Manda harus mengonsumsi obat terus-menerus. Dia juga wajib menjaga asupan makanan.

Makanan berpengawet dan seafood adalah pantangan. Untuk olahraga, Manda memilih lari dan pilates agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Rachel Amanda sedang berbahagia. Aktris The Nekad Traveler itu kembali beraktivitas setelah dinyatakan bebas dari kanker tiroid stadium satu.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News