China Semakin Dekat Tinggalkan Jaringan 4G

China Semakin Dekat Tinggalkan Jaringan 4G
5G network. (Foto: Chinaplus [IC]/Jpnn)

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah China mengambil langkah maju dengan rencana komersialisasi teknologi 5G pada 2020.

Bukan tiba-tiba memang, China sudah menyiapkannya sejak 2016 teknologi internet supercepat ini dengan dua langkah pengetesan.

Tahap pertama, lansir Giz China, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China telah melakukan pengetesan jaringan 5G sejak akhir 2016 hingga 2018 terkait pengembangan standar internasional 5G.

Tahap kedua, mulai saat ini hingga 2020, pemerintah China mulai mengembangkan produk 5G dengan tujuan utama pengujian pra-komersial 5G. China juga sudah secara masif mendorong pihak operator dalam penyebarannya.

Tiga operator besar telekomunikasi China sudah merilis penyebaran jaringan 5G, meliputi China Mobile, China Unicom dan China Telecom.

Ketiga operator besar itu sudah sangat cepat mengembangkan kemitraan dengan perusahaan terkait, baik fokus pada pengembangan teknologi, produk hingga penelitian berkelanjutan.

Para industriawan percaya, jika proyek penggunaan komunikasi pra-komersial 5G bisa dicapai lebih cepat dari target yang ditentukan. (mg8/jpnn)


Pemerintah China mengambil langkah maju dengan rencana komersialisasi teknologi 5G pada 2020, dan rencana ini sudah disipakan secara matang sejak 2016 lalu.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News