Cie..Ciee..SBY Pertama, Setnov Kedua, Mega Ketiga

Cie..Ciee..SBY Pertama, Setnov Kedua, Mega Ketiga
'Pak SBY'. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com - JPNN.com - Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence) merilis temuan, salah satunya tentang politikus terpegah atau termasyhur tahun ini.

Menurut I2, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berada di tempat pertama. Berdasarkan temuan, SBY mendapat pemberitaan sebanyak 33.947 dari 6.874.628 pemberitaan pada 1.443 media online selama 1 Januari hingga 5 Desember 2016.

Pemberitaan SBY mengalami peningkatan signifikan terutama di bulan September hingga awal Desember, di mana pemberitaannya mencapai lebih dari 20 ribu karena adanya isu yang memicu perdebatan di publik.

"Riset ini mencari 10 politisi yang terpopuler. Politisi ini dipilih dari nama-nama yang memiliki akar kuat di politik," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam keterangan pers yang dilansir RMOL, Jumat (30/12).

Setya Novanto di posisi kedua. Setnov muncul karena beberapa isu yang pernah bergulir di Mei dan November. Saat terjadi lonjakan hingga lebih dari 8.000 pemberitaan dalam sebulan. Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Ketua DPR RI Setya Novanto diberitakan media sebanyak 32.562 berita.

"Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi politisi terpegah ketiga dengan 29.909 berita," ungkap Rustika.

Sementara itu, mantan ketua DPR RI Ade Komarudin menjadi politisi keempat yang paling banyak diberitakan media dengan 25.089 berita. Sedangkan, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie berada diposisi kelima 2016 dengan 17.210 berita.

Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menjadi politisi terpegah keenam dengan 17.117 berita.

JPNN.com - Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software

Sumber RMOL

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News