Ciptakan Ekosistem Berbasis Teknologi AI Lewat Nodeflux Beyond

Ciptakan Ekosistem Berbasis Teknologi AI Lewat Nodeflux Beyond
Nodeflux Beyond untuk dukung Smart City. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA - Nodeflux, Perusahaan Vision AI pertama dan terbesar di Indonesia menggelar acara bernama Nodeflux BEYOND.

Acara ini bertujuan untuk merangkul berbagai pemangku kepentingan untuk mendorong perkembangan perekonomian dan implementasi teknologi dalam rangka menciptakan ekosistem berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia hingga semakin memajukan Indonesia di kancah global.

Acara  bertemakan “AI Fostering Greater Good and Beyond” ini memberikan pandangan mengenai bagaimana implementasi teknologi Intelligent Video Analytics (IVA) milik Nodeflux dimanfaatkan untuk memberikan solusi dari sektor pemerintahan, industri, hingga pendidikan.

Acara ini terdiri dari open office dengan menghadirkan beragam sektor industri, serta experiencing area yang bertempat di Kemang Timur, Jakarta Selatan.

Dalam experiencing area, terdapat beberapa Artificial Intelligence (AI )analytics yang ditampilkan oleh Nodeflux.

Di antaranya Face Recognition, atau fitur pengenalan wajah di dalam sebuah acara, area, bahkan bangunan, misalnya diterapkan dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan ataupun layanan keamanan, dan penyediaan absensi berbasis otomasi melalui sejumlah wajah yang tertangkap kamera CCTV di area tertentu secara real-time.

Selain itu, terdapat License Plate Recognition (LPR), berfungsi sebagai pembaca karakter plat kendaraan secara otomatis. Analitik AI ini mampu membaca berbagai jenis plat kendaraan di Indonesia dengan situasi dan kondisi yang sesuai di lapangan seperti hujan, kurang cahaya, hingga
plat bercasing dengan akurat. LPR cocok untuk diterapkan sebagai solusi parkir otomatis, pelacakan kendaraan whitelist/blacklist, hingga penegakan hukum seperti penindakan kendaraan yang melanggar hukum atau terlambat bayar pajak (BDU).

Terdapat beragam analytics lainnya yang sudah di implementasi bersama mitra Nodeflux untuk mendukung percepatan solusi dan keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan dan pengumpulan data yang akurat, mendeteksi jumlah kendaraan lalu-lalang di ruas jalan raya dengan
menggunakan Fleet Detection, mendukung keputusan bagi para pemilik atau pemasaran di sebuah toko menggunakan Store Analytics, mendukung keamanan berlangsungnya acara.

Aplikasi AI menjadi kebutuhan yang mendesak dengan adanya program Smart City dari pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News