Ckckck..Ternyata Trump Abaikan Nasihat Paus Soal Yerusalem

Ckckck..Ternyata Trump Abaikan Nasihat Paus Soal Yerusalem
Paus Fransiskus. Foto: AFP

jpnn.com, VATIKAN - Umat Islam bukan satu-satunya kelompok yang mengecam Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal Yerusalem.

Dari Vatikan, Paus Fransiskus kembali berbicara tentang Yerusalem. Kali ini, dalam homili alias khotbah di hadapan umat Katolik, rohaniwan 80 tahun tersebut mengingatkan para pemimpin dunia terhadap komitmen mereka untuk tidak melanggengkan konflik dan perpecahan.

”Saya sangat menyesalkan jatuhnya korban jiwa dalam bentrok-bentrok yang kian marak beberapa hari terakhir,” katanya, Minggu (10/12).

Pekan lalu, sebelum Trump mendeklarasikan sikapnya tentang Yerusalem, Paus memperingatkan taipan 71 tahun tersebut terhadap status quo.

Bagi bapa suci umat Katolik itu, mempertahankan status quo Yerusalem adalah tindakan yang paling bijaksana dan paling realistis.

”Solusi permanen bagi krisis Israel dan Palestina hanya bisa dicapai lewat perundingan yang dilandasi rasa saling menghormati,” ungkapnya.

Sementara itu, Gereja Koptik Mesir membatalkan rencana bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. Keputusan ini mengekor Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang membatalkan rencana serupa.

Sebelum Trump mendeklarasikan sikapnya tentang Yerusalem, Paus Fransiskus sempat memperingatkan taipan 71 tahun tersebut

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News