Coba Sogok Petugas BNN, Bandar Narkoba Malaysia Tewas Dipelor

Coba Sogok Petugas BNN, Bandar Narkoba Malaysia Tewas Dipelor
Kepala BNN Komjen Budi Waseso dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (23/8) guna membeber kasus penyelundupan sabu-sabu asal Malaysia. Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) menembak mati seorang warga negara Malaysia berinisial CKH alias Ahoe. Pria asing yang berprofesi sebagai bandar narkoba itu sebelumnya berusaha menyuap petugas BNN dan melakukan perlawanan saat hendak ditangkap pada 6 Agustus lalu di wilayah Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengungkapkan, penangkapan terhadap Ahoe berawal dari informasi tentang penyelundupan narkotika asal Malaysia melalui Pos Lintas Batas Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat 6 Agustus 2017. Petugas lantas melakukan pemantauan.

Alhasil, berkat kerja sama dengan Ditjen Bea Cukai dan Polda Kalbar, tim BNN menangkap kurir narkoba berinisial R (24) di Dusun Belatik, Desa Lasabela, Bengkayang sekitar pukul 13.45. Saat itu R sedang dalam perjalanan menuju Kota Pontianak.

"Dari tangan R, petugas menyita sabu seberat 17,54 kilogram," kata Budi dalam jumpa pers di markas BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (23/8). Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi juga ikut hadir dalam jumpa pers itu.

Buwas -panggilan beken Budi- menambahkan, tim BNN kala itu juga menangkap kurir sekaligus checker berinisial AL (19/) dan warga Malaysia bernama Luh alias Ape di Perum Taman Kencana RT 04/05,  Kelurahan Sebayok, Bengkayang. Di lokasi itu pula petugas BNN menangkap CKH selaku pemasok.

Buwas menambahkan, CKH saat diinterogasi di lapangan berupaya menyuap petugas BNN. "CKH ini berusaha menyuap dengan uang Rp 10 miliar. Tetapi, iming-iming tersebut tidak digubris oleh anggota," kata jenderal Polri berbintang tiga itu.

Menurut Buwas, petugas lantas melakukan pengembangan. Pada saat pengembangan itulah CKH bersama Luh berusaha melarikan diri.

Petugas pun mengambil tindakan tegas. Sebab, CKH dan Luh tak menggubris peringatan petugas.

Aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) menembak mati seorang warga negara Malaysia berinisial CKH alias Ahoe. Pria asing yang berprofesi sebagai bandar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News