Cuaca Ekstrem, Vinales Start Terdepan, Rossi ke-10

Cuaca Ekstrem, Vinales Start Terdepan, Rossi ke-10
Maverick Vinales. Foto: crash

jpnn.com, LOSAIL - Jadwal latihan bebas dan sesi kualifikasi MotoGP Qatar berantakan.

Cuaca ekstrem yang menyelimuti Sirkuit Losail pada Sabtu (25/3), memaksa Race Direction akhirnya membatalkan sesi kualifikasi. Situasi itu membuat Maverick Vinales berhak menempati posisi start terdepan pada balapan yang digelar Senin (27/3) dini hari WIB.

Hampir sepanjang hari, Sirkuit Losail memang diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Tak cuma itu, petir dan angin kencang juga membuat jadwal tak menentu.

Semula, Race Direction menjadwal ulang sesi tambahan free practice untuk kelas MotoGP pada pukul 22:00 malam WIB. Namun, sesi dibatalkan karena kondisi trek masih basah di beberapa area, plus genangan air di gravel yang dianggap membahayakan keselamatan para pembalap. Jadwal pun kemudian diumumkan kembali normal.

Di tengah ketidakpastian menunggu hasil inspeksi trek yang dilakukan Race Direction, sesi kualifikasi Moto3 yang seharusnya digelar pukul 22:00 WIB terpaksa ditunda. Tak terkecuali dengan kualifikasi kelas MotoGP, yang dijadwalkan digelar pukul 22:55 WIB. Namun, tepat pukul 00:08 WIB, Race Direction akhirnya memutuskan membatalkan semua sesi.

Alhasil, posisi start untuk balapan pada Senin (27/3) dini hari WIB harus mengacu pada hasil kombinasi dari semua sesi free practice yang sudah digelar, yakni FP1, FP2, dan FP3. Vinales merebut pole position berkat catatan waktu kombinasi 1 menit 54,316 detik. Posisi kedua ditempati Andrea Iannone (Suzuki), dan ketiga ada Marc Marquez (Repsol Honda).

Johann Zarco menempati posisi start keempat, di depan Andrea Dovizioso dan Scott Redding. Dani Pedrosa akan start dari posisi ketujuh. Rookie Yamaha Tech 3, Jonas Folger, di posisi start kedelapan, mengungguli Cal Crutchlow dan Valentino Rossi. Sementara, Jorge Lorenzo harus puas menjalani start dari urutan ke-12. (ira/jpg/jpnn)

Starting Grid MotoGP Qatar 2017:

Jadwal latihan bebas dan sesi kualifikasi MotoGP Qatar berantakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News