Daftar PNS yang Kena Rasionalisasi di Dua Kementrian Ini sudah Beres

Daftar PNS yang Kena Rasionalisasi di Dua Kementrian Ini sudah Beres
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Rencana rasionalisasi aparatur sipil negara (ASN) kini menunggu kebijakan Presiden Jokowi. Menurut Yuddy Chrisnandi, hasil penilaian rapid assesment PNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara‎ dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) serta Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) sudah selesai. Dimulai dari data pegawai yang berkemampuan tinggi hingga rendah.

"Saya sudah menyelesaikan hasil penilaiannya, termasuk daftar PNS yang masuk daftar berkemampuan rendah. Nantinya bila presiden mengizinkan untuk dilakukan rasionalisasi berupa pensiun dini tinggal dieksekusi‎ saja," kata mantan MenPAN-RB ini, Minggu (31/7).

Dia menambahkan, seluruh kebijakan terkait rasionalisasi ASN sudah diserahkan kepada MenPAN-RB Asman Abnur. Menteri baru diharapkan bisa melanjutkan hasil yang sudah digodok.

"Presiden kan menginginkan rasionalisasi alami. Kami sudah memberikan dua kajian, yang alami dan pensiun dini. Nanti presiden tinggal memilih mana yang pas," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi, ASN-nya harus ditata dan ditingkatkan kemampuannya. Tanpa itu, sebaik apapun program yang dibuat pemerintah tidak akan jalan bila mesin birokrasinya (ASN) lambat‎. (esy/jpnn)

JAKARTA - Rencana rasionalisasi aparatur sipil negara (ASN) kini menunggu kebijakan Presiden Jokowi. Menurut Yuddy Chrisnandi, hasil penilaian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News