Dana PIP 2,5 Juta Siswa SMP Sudah Disalurkan

Dana PIP 2,5 Juta Siswa SMP Sudah Disalurkan
Siswa SMP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Sebanyak 17 juta siswa miskin di seluruh Indonesia bisa menikmati dana Program Indonesia Pintar (PIP).

Khusus tingkat SMP, sebanyak 2,5 juta siswa miskin dari 4,3 juta orang sudah disalurkan dananya melalui rekening-rekening penerima. Sedangkan sisanya akan disalurkan secara bertahap tahun ini.

Sisanya yang 1,9 juta siswa itu masih dalam proses pendataan di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan data dari Kementerian Sosial.

"Pak Menteri dalam setiap kesempatan selalu mengatakan PIP adalah program prioritas Presiden Joko Widodo untuk membantu siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu agar tetap melanjutkan sekolah. Karena itu seluruh pihak harus mendorong percepatan pencairan dana PIP ini,” kata Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrahman dalam sosialisasi sekaligus percepatan pencairan danan Program Indonesia Pintar (PIP) secara serentak di Bogor, Rabu (2/8).

Direktur PSMP Kemdikbud Supriano menambahkan, percepatan ini bertujuan agar siswa miskin bisa secepatnya memanfaatkan dana PIP untuk kebutuhan sekolah.

Salah satu yang dilakukan Direktorat PSMP adalah menargetkan satu juta penerima PIP mendapatkan manfaatnya sebelum 17 Agustus ini.

"Insyaallah di akhir Agustus 2.543.653 siswa SMPakan mendapatkan manfaatnya minimal satu juta siswa terlebih dulu," ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap tahunnya para penerima mendapatkan Rp 750.000 dan dapat dicairkan melalui bank.

Sebanyak 17 juta siswa miskin di seluruh Indonesia bisa menikmati dana Program Indonesia Pintar (PIP).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News